Pages

Subscribe:
..:: "Welcome to La takhaf wala tahzan, thanks you for visit and don't forget to give your comment in this website " ::..
  • Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan
  • Nilai seseorang sesuai dengan kadar tekadnya, ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaannya, keberaniannya sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat dan kesucian hati nuraninya sesuai dengan kadar kepekaannya terhadap kehormatan dirinya
  • Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.
  • Selemah-lemah manusia ialah orang yg tak boleh mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yg mensia-siakan sahabat yg telah dicari
  • Orang yang tidak menguasai matanya, hatinya tidak ada harganya
  • Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal, kepercayaan, cinta, dan rasa hormat

Sabtu, 28 Januari 2012

Profil UIN Malang

Profil UIN Malang
Struktur Keilmuan
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang sampai saat ini memiliki Jurusan/Program Studi sebagai berikut:
1. Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Program Diploma II
Program Akta Mengajar IV
2. Fakultas Syari’ah
Jurusan al-Ahwal al-Syakhsyiyyah
3. Fakultas Humaniora dan Budaya
Jurusan Bahasa dan Sastra Arab
Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
4. Fakultas Psikologi
Jurusan Psikologi
5. Fakultas Ekonomi
Jurusan Manajemen
6. Fakultas Sains dan Teknologi
Jurusan Matematika
Jurusan Biologi
Jurusan Fisika
Jurusan Kimia
Jurusan Teknik Informatika
Jurusan Teknik Arsitektur
7. Program Pascasarjana
a. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
b. Konsentrasi Pembelajaran Bahasa Arab
Untuk merealisasikan aspek-aspek pengembangan Jurusan/Program Studi yang dimiliki oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Malang saat ini, diperlukan suatu struktur keilmuan yang jelas. UIN Malang dalam hal ini membangun struktur keilmuannya berdasarkan prinsip universalitas ajaran Islam yang digambarkan sebagai sebuah pohon yang kokoh dan rindang. Pohon yang memiliki akar yang teguh menghujam ke bumi. Akar yang kokoh akan membentuk batang, dahan, cabang dan ranting yang kokoh pula, serta daun yang subur sehingga menghasilkan buah yang segar dan melimpah. Pohon yang kokoh dan rindang itu dijadikan metafora untuk menggambarkan struktur keilmuan yang dikembangkan oleh UIN Malang. Makna dari metafora struktur keilmuan yang dikembangkan UIN Malang berupa pohon yang kokoh dan rindang itu dapat dijelaskan sebagai berikut.
Akar berfungsi untuk menyangga tegak dan kokohnya batang, di samping untuk meraup saripati makanan dari tanah. Oleh karena itu, akar dijadikan perumpamaan (tamsil) sebagai pondasi keilmuan. Komponen pondasi keilmuan yang dimaksudkan dalam tamsil tersebut adalah (1) Bahasa Arab dan Inggris, (2) Filsafat, (3) Ilmu Ke-alam-an (Alamiah), (4) Ilmu Sosial dan (5) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Batang merupakan pilar utama sebuah pohon. Batang dengan demikian diibaratkan sebagai komponen utama dalam struktur keilmuan yang dibangun di UIN Malang, yaitu keilmuan Islam. Karena akar (pondasi keilmuan) berfungsi menyangga tegak dan kokohnya batang (pilar utama keilmuan), maka kemampuan dan penguasaan yang matang terhadap pondasi keilmuan akan memudahkan para mahasiswa untuk memahami keilmuan Islam. Pilar utama keilmuan Islam yang digambarkan dengan batang sebuah pohon itu meliputi (1) al-Qur’an, (2) al-Sunnah, (3) Sirah Nabawiyah, (4) Pemikiran Islam, dan (4) Pemahaman terhadap Masyarakat Islam.
Sedangkan makna dahan dan ranting dalam struktur keilmuan yang dibangun di UIN Malang menggambarkan bidang ilmu yang ingin dikembangkan. Untuk saat ini, bidang ilmu yang dikembangkan tercakup dalam Fakultas-fakultas dengan berbagai Jurusannya, meliputi (1) Fakultas Tarbiyah: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Diploma II Pendidikan Guru SD/MI, dan Program Akta Mengajar IV, (2) Fakultas Syariah: Jurusan Ahwal al-Syakhsiyyah, (3) Fakultas Humaniora dan Budaya: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab serta Bahasa dan Sastra Inggris, (4) Fakultas Psikologi, (5) Fakultas Ekonomi: Jurusan Managemen, dan (6) Fakultas Sains dan Teknologi: Jurusan Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, dan Teknik Arsitektur.
Pohon yang memiliki akar, batang dan dahan serta ranting yang kokoh akan menghasilkan buah yang segar dan melimpah. Dalam tamsil struktur keilmuan yang dikembangkan oleh UIN Malang, makna buah yang segar dan melimpah adalah iman dan amal shalih. Untuk memperjelas struktur keilmuan yang dikembangkan di UIN Malang tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.







http://press.uin-malang.ac.id/strukturkeilmuanuin.php

0 komentar:

Posting Komentar

 

La takhaf wala tahzan

La takhaf wala tahzan

La takhaf wala tahzan

La takhaf wala tahzan

La takhaf wala tahzan
earth
top down