MATRIKS RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Evaluasi Pembelajaran
PAI
Yang Dibina Oleh Bapak Dr.
Abd. Mukhid. M. Pd
Disusun Oleh:
IMAM
UBAIDILLAH (18201201010091)
Kelas PAI A
JURUSAN TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PAMEKASA
A. RANAH KOGNITIF
NO
|
RANAH KOGNITIF
|
KK. OPERASIONAL
|
CONTOH
|
1
|
Pengetahuan
|
1.
Menghafal
2.
Menyebutkan
3.
Mengemukakan arti
4.
menjodohkan
5.
menunjukkan
|
1.
Siswa mampu menghafal surat-surat
pendek.
2.
Siswa mampu menyebutkan rukun islam
3.Siswa
mampu mengemukakan arti dari iman, islam dan ihsan
4.
Siswa mampu menjodohkan mufrodat dan artinya.
5.
Siswa mampu menunjukkan hokum nun mati.
|
2
|
Pemahaman
|
1.
mengungkapkan
2.
merangkum
3.
menguraikan
4.
menjelaskan
5.
membedakan
|
1.Siswa
mampu mengungkapkan dalil naqli tentang hari kiamat
2.
Siswa mampu merangkum kisah para nabi
3.
Siswa mampu menguraikan kandungan hadis tentang zakat
4.
Siswa mampu menjelaskan tata cara wudhu’
5.
Siswa mampu membedakan syarat sah shalat dan syarat wajib shalat
|
3
|
Penerapan
|
1.
Membuat model
2.
Mempraktekkan
3.
Mendiskusikan
4.
Menyimpulkan
5.
Mengkategorikan
|
1.
Siswa mampu membuat model penyelenggaraan ibadah haji
2.
Siswa mampu mempraktekkan sifat jujur
3.
Siswa mampu mendiskusikan mengenai hokum Mad
4.
Siswa mampu menyimpulkan penjelasan guru tentang sifat wajiob Allah
5.
Siswa mampu mengkategorikan akhlak tercela dan akhlak terpuji
|
4
|
Analisis
|
1.
Menghubungkan
2.
Membandingkan
3.
Mengkaji ulang
4.
Merumuskan
5.
Memisahkan
|
1.
Siswa mampu menghubungkan akhlak terpuji dengan prilaku masyarakat.
2.
siswa mampu membandingkan makharijul huruf diantara huruf hijaiyah
3.
Siswa mampu mengkaji ulang alasan penerapan ibadah qurban
4.
Siswa mampu merumuskan pengertian zakat dari para tokoh.
5.
Siswa mampu memisahkan pengertian sifat wajib, mustahil dan sifat jaiz bagi
Allah
|
5
|
Sintesis
|
1.
mengarang
2.
mengkombinasikan
3.
Mengoreksi
4.
Mengkreasikan
5.
Menampilkan
|
1.
Siswa mampu mengarang kisah fiksi tentang akhlak terpuji.
2.
Siswa mampu mengkombinasikan hukum-hukum tajwid dengan benar
3.
Siswa mampu mengoreksi bacaan Al-Qur’an
4.
Siswa mampu mengkreasikan contoh hari kiamat melalui gambar
5.
Siswa mampu menampilkan video tentang tata cara tayammum yang baik
|
6
|
Evaluasi
|
1.
Berargumentasi
2.
Mengkritk
3.
Mendukung
4.
Menyarankan
5.
Menyanggah
|
1.
Siswa mampu berargumentasi tentang pendapatnya yang dia kemukakan.
2.
Siswa mampu mengkritik cara guru menyampaikan mata pelajaran PAI
3.
Siswa mampu mendukung pendapat teman yang alasannya sesuai
4.
Siswa mampu menyarankan agar proses belajar mengajar bias efektif
5.
Siswa mampu menyanggah pendapat guru dengan santun
|
B. RANAH
AFEKTIF
NO
|
RANAH AFEKTIF
|
KK. OPERASIONAL
|
CONTOH
|
1
|
Penerimaan
|
1.
Mematuhi
2.
Mengikuti
3.
Mendengarkan
4.
Membaca
5.
memperhatikan
|
1.
Siswa mampu mematuhi aturan sekolah
2.
Siswa mampu mengikuti nasehat guru
3.
Siswa mampu mendengarkan sejarah para sahabat dengan seksama
4.
Siswa mampu membacadalil tentang
perintah puasa di papan tulis
5.
Siswa memperhatikan penjelasan Iman kepada hari akhir oleh guru
|
2
|
Respon
|
1.
mengerjakan
2.
menanggapi
3.
menjawab
4.
menyetujui
5.
Membantu
|
1.
Siswa mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh guru
2.
Siswa menanggapi pertanyaan tang diajukan oleh guru
3.
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
temannya
4.Siswa
menyetujui pendapat temannya mengenai penjelasan hadis tentang berbuat baik
kepada orang tua.
5.
Siswa membantu temannya ketika membaca Al-Qur’an
|
3
|
Penghargaan
|
1.
Berterimakasih
2.
Simpati
3.
Menambah
4.
Menyetujui
5.
empati
|
1.Siswa
berterimakasih kepada temannya yang telah menjelaskan kembali sehingga
mengerti.
2.Siswa
simpati terhadap temannya yang juara MTQ
3.
Siswab menanmbah jawaban siswa yang lain dan tidak langsung menyalahkannya
4.
Siswa Menyetujui pendapat temannya yang dia rasa lebih benar
5.Siswa
berempati ketika ada temannya yang kecelakaan
|
4
|
Pengorganisasian
|
1.
Mengklasifikasikan
2.
Mengubah
3.
Mengelola
4.
Bertanggungjawab
5.
merancang
|
1.
Siswa mengklasifikasikan jenis-jenis Tauhid
2.
Siswa mampu mengubah perilakunya yang salah
3.
Siswa mampu mengelola waktu dengan baik untuk belajar
4.
5.
Siswa mampu merancang rencana yang akan dilakukan saat pelajaran berlangsung
|
5
|
karakterisasi
|
1.
disiplin
2.
menilai
3.
mandiri ojektif
4.
tekun
5.
memecahkan “konflik”
|
1.
Siswa mampu datang ke sekolah dengan disiplin
2.
Siswa mampu menilai perbuatan yang debenarkan atau tidak.
3.
Siswa mampu tekun dalam mengulang pelajaran
4.
5.
Siswa mampu memecahkan konflik antar teman di kelas
|
C. RANAH
PSIKOMOTORIK
NO
|
RANAH PSIKOMOTORIK
|
KK. OPERASIONAL
|
CONTOH
|
1
|
Menirukan
|
1.
Menyesuaikan
2.
Mempraktekkan
3.
Membangun
4.
Mengikuti
5.
mengulangi
|
1.
Siswa mampu menyesuaikan dengan temannya dalam hal meluruskan Shaff shalat
berjamaah
2.Siswa
mampu mempraktekkan berwudhu’ yang benar
3.
Siswa mampu membangun kondisi kelas yang tenang
4.
Siswa mampu mengikuti tata cara ruku’ yang benar
5.
|
2
|
Memanipulasi
|
1.
Merancang
2.
Memperbaiki
3.
Menggambar
4.
Mencampur
5.
Menempatkan
|
1.Siswa
mampu merancang tabel tentang jenis-jenis puasa
2.
Siswa mampu meperbaiki bagan tentang jenis-jenis zakat
3.Siswa
mampu menggambar sketsa tentang gerakan-gerakan shalat
4.
Siswa mampu mencampur slide power
point dengan materi yang berbeda
5.
Siswa mampu menempatkan animasi orang shalat dengan baik ketika presentasi
|
3
|
Artikulasi
|
1.
Membedakan
2.
Membentuk
3.
Menyusun
4.
Menggunakan
5.
mengatur
|
1.
Siswa mampu membedakan bacaan Al-Qur’an yang benar dan yang salah
2.
Siswa mampu menyusun Makalah Akidah Akhlak dengan baik.
3.
Siswa mampu menyusun bacaan Niat puasa dengan baik
4.
Siswa mampu menggunakan Masjid Sekolah sebagai sarana Beribadah
5.
Siswa mampu mengatur suara dengan baik saat melafalkan ayat suci Al-Qur’an
|
4
|
Naturalisasi
|
1.
Mengaplikasikan
2.
Memindahkan
3.
mengoperasikan
4.
Menarik
5.
Meniru
|
1.
Siswa mampu mengaplikasikan shalat Tarawih dengan benar
2.
Siswa mampu bertanya di kelas saat tidak mengerti.
3.
Siswa mampu mengoperasikan computer secara benar
4.siswa
mampu menarik minat baca teman menjadi meningkat
5.
siswa mampu meniru bacaan idgham bighunnah
|
Sumber:
Murni, Wahid. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.
0 komentar:
Posting Komentar