Pages

Subscribe:
..:: "Welcome to La takhaf wala tahzan, thanks you for visit and don't forget to give your comment in this website " ::..
  • Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan
  • Nilai seseorang sesuai dengan kadar tekadnya, ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaannya, keberaniannya sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat dan kesucian hati nuraninya sesuai dengan kadar kepekaannya terhadap kehormatan dirinya
  • Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.
  • Selemah-lemah manusia ialah orang yg tak boleh mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yg mensia-siakan sahabat yg telah dicari
  • Orang yang tidak menguasai matanya, hatinya tidak ada harganya
  • Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal, kepercayaan, cinta, dan rasa hormat

Jumat, 10 Oktober 2014

MATRIKS RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK








MATRIKS RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Evaluasi Pembelajaran PAI
Yang Dibina Oleh Bapak Dr. Abd. Mukhid. M. Pd

Disusun Oleh:

IMAM UBAIDILLAH (18201201010091)
Kelas PAI A


JURUSAN TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASA

A.  RANAH KOGNITIF
NO
RANAH KOGNITIF
KK. OPERASIONAL
CONTOH
1
Pengetahuan
1.      Menghafal
2.      Menyebutkan
3.      Mengemukakan arti
4.      menjodohkan
5.      menunjukkan
1. Siswa mampu menghafal surat-surat  pendek.
2. Siswa mampu menyebutkan rukun islam
3.Siswa mampu mengemukakan arti dari iman, islam dan ihsan
4. Siswa mampu menjodohkan mufrodat dan artinya.
5. Siswa mampu menunjukkan hokum nun mati.
2
Pemahaman
1.      mengungkapkan
2.      merangkum
3.      menguraikan
4.      menjelaskan
5.      membedakan
1.Siswa mampu mengungkapkan dalil naqli tentang hari kiamat
2. Siswa mampu merangkum kisah para nabi
3. Siswa mampu menguraikan kandungan hadis tentang zakat
4. Siswa mampu menjelaskan tata cara wudhu’
5. Siswa mampu membedakan syarat sah shalat dan syarat wajib shalat
3
Penerapan
1.      Membuat model
2.      Mempraktekkan
3.      Mendiskusikan
4.      Menyimpulkan
5.      Mengkategorikan
1. Siswa mampu membuat model penyelenggaraan ibadah haji
2. Siswa mampu mempraktekkan sifat jujur
3. Siswa mampu mendiskusikan mengenai hokum Mad
4. Siswa mampu menyimpulkan penjelasan guru tentang sifat wajiob Allah
5. Siswa mampu mengkategorikan akhlak tercela dan akhlak terpuji
4
Analisis
1.      Menghubungkan
2.      Membandingkan
3.      Mengkaji ulang
4.      Merumuskan
5.      Memisahkan
1. Siswa mampu menghubungkan akhlak terpuji dengan prilaku masyarakat.
2. siswa mampu membandingkan makharijul huruf diantara huruf hijaiyah
3. Siswa mampu mengkaji ulang alasan penerapan ibadah qurban
4. Siswa mampu merumuskan pengertian zakat dari para tokoh.
5. Siswa mampu memisahkan pengertian sifat wajib, mustahil dan sifat jaiz bagi Allah
5
Sintesis
1.      mengarang
2.      mengkombinasikan
3.      Mengoreksi
4.      Mengkreasikan
5.      Menampilkan
1. Siswa mampu mengarang kisah fiksi tentang akhlak terpuji.
2. Siswa mampu mengkombinasikan hukum-hukum tajwid dengan benar
3. Siswa mampu mengoreksi bacaan Al-Qur’an
4. Siswa mampu mengkreasikan contoh hari kiamat melalui gambar
5. Siswa mampu menampilkan video tentang tata cara tayammum yang baik
6
Evaluasi
1.      Berargumentasi
2.      Mengkritk
3.      Mendukung
4.      Menyarankan
5.      Menyanggah
1. Siswa mampu berargumentasi tentang pendapatnya yang dia kemukakan.
2. Siswa mampu mengkritik cara guru menyampaikan mata pelajaran PAI
3. Siswa mampu mendukung pendapat teman yang alasannya sesuai
4. Siswa mampu menyarankan agar proses belajar mengajar bias efektif
5. Siswa mampu menyanggah pendapat guru dengan santun

B.     RANAH AFEKTIF
NO
RANAH AFEKTIF
KK. OPERASIONAL
CONTOH
1
Penerimaan
1.      Mematuhi
2.      Mengikuti
3.      Mendengarkan
4.      Membaca
5.      memperhatikan
1. Siswa mampu mematuhi aturan sekolah
2. Siswa mampu mengikuti nasehat guru
3. Siswa mampu mendengarkan sejarah para sahabat dengan seksama
4. Siswa mampu membacadalil  tentang perintah puasa di papan tulis
5. Siswa memperhatikan penjelasan Iman kepada hari akhir oleh guru
2
Respon
1.      mengerjakan
2.      menanggapi
3.      menjawab
4.      menyetujui
5.      Membantu
1. Siswa mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh guru
2. Siswa menanggapi pertanyaan tang diajukan oleh guru
3. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh  temannya
4.Siswa menyetujui pendapat temannya mengenai penjelasan hadis tentang berbuat baik kepada orang tua.
5. Siswa membantu temannya ketika membaca Al-Qur’an
3
Penghargaan
1.      Berterimakasih
2.      Simpati
3.      Menambah
4.      Menyetujui
5.      empati
1.Siswa berterimakasih kepada temannya yang telah menjelaskan kembali sehingga mengerti.
2.Siswa simpati terhadap temannya yang juara MTQ
3. Siswab menanmbah jawaban siswa yang lain dan tidak langsung menyalahkannya
4. Siswa Menyetujui pendapat temannya yang dia rasa lebih benar
5.Siswa berempati ketika ada temannya yang kecelakaan
4
Pengorganisasian
1.      Mengklasifikasikan
2.      Mengubah
3.      Mengelola
4.      Bertanggungjawab
5.      merancang
1. Siswa mengklasifikasikan jenis-jenis Tauhid
2. Siswa mampu mengubah perilakunya yang salah
3. Siswa mampu mengelola waktu dengan baik untuk belajar
4.
5. Siswa mampu merancang rencana yang akan dilakukan saat pelajaran berlangsung
5
karakterisasi
1.      disiplin
2.      menilai
3.      mandiri ojektif
4.      tekun
5.      memecahkan “konflik”
1. Siswa mampu datang ke sekolah dengan disiplin
2. Siswa mampu menilai perbuatan yang debenarkan atau tidak.
3. Siswa mampu tekun dalam mengulang pelajaran
4.
5. Siswa mampu memecahkan konflik antar teman di kelas

C.     RANAH PSIKOMOTORIK
NO
RANAH PSIKOMOTORIK

KK. OPERASIONAL
CONTOH
1
Menirukan
1.      Menyesuaikan
2.      Mempraktekkan
3.      Membangun
4.      Mengikuti
5.      mengulangi
1. Siswa mampu menyesuaikan dengan temannya dalam hal meluruskan Shaff shalat berjamaah
2.Siswa mampu mempraktekkan berwudhu’ yang benar
3. Siswa mampu membangun kondisi kelas yang tenang
4. Siswa mampu mengikuti tata cara ruku’ yang benar
5.
2
Memanipulasi
1.      Merancang
2.      Memperbaiki
3.      Menggambar
4.      Mencampur
5.      Menempatkan
1.Siswa mampu merancang tabel tentang jenis-jenis puasa
2. Siswa mampu meperbaiki bagan tentang jenis-jenis zakat
3.Siswa mampu menggambar sketsa tentang gerakan-gerakan shalat
4. Siswa mampu mencampur  slide power point dengan materi yang berbeda
5. Siswa mampu menempatkan animasi orang shalat dengan baik ketika presentasi
3
Artikulasi
1.      Membedakan
2.      Membentuk
3.      Menyusun
4.      Menggunakan
5.      mengatur
1. Siswa mampu membedakan bacaan Al-Qur’an yang benar dan yang salah
2. Siswa mampu menyusun Makalah Akidah Akhlak dengan baik.
3. Siswa mampu menyusun bacaan Niat puasa dengan baik
4. Siswa mampu menggunakan Masjid Sekolah sebagai sarana Beribadah
5. Siswa mampu mengatur suara dengan baik saat melafalkan ayat suci Al-Qur’an
4
Naturalisasi
1.      Mengaplikasikan
2.      Memindahkan
3.      mengoperasikan
4.      Menarik
5.      Meniru
1. Siswa mampu mengaplikasikan shalat Tarawih dengan benar
2. Siswa mampu bertanya di kelas saat tidak mengerti.
3. Siswa mampu mengoperasikan computer secara benar
4.siswa mampu menarik minat baca teman menjadi meningkat
5. siswa mampu meniru bacaan idgham bighunnah





Sumber: Murni, Wahid. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.

0 komentar:

Posting Komentar

 

La takhaf wala tahzan

La takhaf wala tahzan

La takhaf wala tahzan

La takhaf wala tahzan

La takhaf wala tahzan
earth
top down